Manfaat Yang Terkandung Pada Ikan Tenggiri

Manfaat Ikan Tenggiri – Ikan tenggiri, termasuk dalam marga Scomberomorus dan tergolong dalam suku Scombridae. Ikan tenggiri  merupakan kerabat dekat dari ikan tongkol, tuna, makarel, dan ikan kembung. Bentuk pada ikan tenggiri adalah bertubuh panjang dan memipih. Tubuhnya yang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya (bidang corselet tidak jelas). Bentuk moncong yang meruncing serta mulut yang lebar, terdapat gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah. Panjang moncong ikan tenggiri lebih pendek dari pada sisa kepala bagian belakang.

Rasa dagingnya yang gurih, membuat banyak orang memanfaatkan ikan tenggiri ini dalam berbagai macam olahan pangan, mulai dari dikonsumsi langsung dengan digoreng hingga dijadikan kerupuk. Ikan tenggiri mempunyai kandungan nutrisi yang bagus buat kesehatan. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa ikan tenggiri mempunyai protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein yang terdapat pada kacang-kacangan. Kandungan protein dalam ikan tenggiri setara dengan kandungan protein yang ada pada telur dan daging. Dan kandungan asam amino dalam ikan tenggiri mudah dicerna oleh tubuh.

Selain protein, manfaat ikan tenggiri  juga banyak mempunyai kandungan asam lemak dan sumber mineral, seperti :

  • zat besi, berperan untuk mencegah terjadinya anemia.
  • selenium, mencegah resiko terjadinya radikal bebas.
  • seng dan yodium, membantu kerja hormon dan enzim, serta mampu mencegah penyakit gondok.

Menurut hasil penelitian dari Food Weight Foundation menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dalam setiap100 gram daging ikan tenggiri, mengandung :

  • Protein sebesar 21,5 gram.
  • Lemak sebesar 2,6 gram.
  • Mineral sebesar 2,9 gram.
  • Energi sebesar 109 kkal.
  • Asam lemak sebesar 2,6 gram.

Berikut ini adalah 4 manfaat lainnya yang terkandung dalam ikan tenggiri :

  1. Manfaat ikan tenggiri yang pertam, Mengobati penyakit asma, dengan cara merebus daging ikan tenggiri yang diberi sedikit garam hingga matang.
  2. Mengobati rasa linu pada kaki. Daging ikan tenggiri yang terletak di sekitar insang mengandung zat pereda ngilu dan linu di persendian. Cara pengolahannya dengan merebusnya hingga matang dan memakannya langsung.
  3. Menyembuhkan radang tenggorokan dan bronchitis. Orang Tiongkok memanfaatkan bagian ekor dan sirip ikan tenggiri untuk dijadikan obat herbal tradisional untuk mengobati radang tenggorokan dan bronchitis.
  4. Mengobati gangguan saluran kencing. Bagian jeroan dan hati ikan tenggiri oleh para tabib di Tiongkok digunakan untuk bahan dasar obat untuk menyembuhkan penyakit gangguan pada saluran kencing. Hanya saja obat ini diperuntukkan untuk penderita yang berusia antara 20 – 45 tahun.

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha kebab frozen dan tekwan kemasan, silahkan hubungi kami.


Adzami Bogatama
Alamat: Jl. Bojong Molek XIII C17, No.6, RT.010/RW.014, Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17116
Whatsapp: 0811-166-371

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Mau order? Chat via Whatsapp