Tips Memilih Tekwan Kering

ikan untuk tekwan

Memasuki musim penghujan, saatnya kita bahas menu makanan yang bisa bikin hangat, nih! Yaitu tekwan yang merupakan makanan khas Palembang yang tidak jauh beda dengan pempek. Jika pempek memiliki kuah cuka, makanan ini disajikan dengan kuah udang yang rasanya super lezat, dan merupakan olahan ikan dengan tepung tapioca.  Kini juga sudah tersedia produk tekwan kering dalam kemasan.

Membuat makanan ini itu sendiri cukup susah, tapi Anda bisa langsung membuatnya dari tekwan kering yang bisa dibeli di pasar maupun supermarket. Walau begitu, tidak bisa sembarangan dalam memilih untuk kemudian dimasak dan dijadikan makanan siap saji. Berikut ini kami berikan tips memilih tekwan yang bisa Anda jadikan panduan:

Perhatikan Tanggal Kedaluarsa

Saat akan membeli sesuatu, hal yang tidak boleh terlewat dari perhatian Anda adalah tanghal kedaluarsanya. Begitu juga dengan memilih tekwan kering, Anda sebaiknya memeriksa expired sebelum menyajikannya untuk keluarga.

Baca Juga Disini : Mengenal Sejarah Kebab Dan Perkembangannya

Kedaluarsa adalah batas waktu sebuah makanan atau minuman untuk bisa dikonsumsi. Jadi, jika yang akan dibeli menunjukkan tanggal yang sudah terlewat, sebaiknya jangan dipilih ya!

Hindari Tekwan Kering yang Sudah Terkontaminasi Tumpahan Bumbu atau Saus

Biasanya, tekwan kering dibungkus dengan cara dipisah dengan bumbunya. Namun, beberapa produk tekwan kering sering memiliki pack yang kurang layak sehingga antara bumbu dan tekwan kering ada yang tumpah dan menyebabkan kontaminasi. Nah, sebaiknya jangan pilih yang sudah terkena bumbu atau saus karena bahan akan menjadi cepat bau.

Periksa Baunya

Cara mudah mengenali tekwan kering yang masih layak makan atau tidak adalah dengan mencium baunya. Bau yang sudah tidak bisa diolah akan seperti bau asam yang menyengat. Sedangkanmakanan yang masih layak makan akan mengeluarkan aroma daging dengan campuran bau tepung.

Teksur

Selain dari bau, Anda bisa memastikan bahwa tekwan masih bisa dikonsumsi dengan cara memegang atau melihat langsung. Jika dari mika atau wadah tekwan Anda melihat makanan sudah berlendir dan basah, sebaiknya kembalikan tekwan kering kepada penjualnya. Hal ini menandakan bahwa makanan yang berlendir sudah lawas, bisa juga karena kepanasan, dan cara penyimpanannya tidak benar.

Muncul Jamur

Juga perlu berhati-hati saat melihat makanan yang dalam tampak luar mengeluarkan bintik-bintik warna abu-abu atau putih. Hal ini adalah tanda bahwa tekwan atau makanan lainnya sudah ditumbuhi jamur. Jamur dari makanan bisa datang karena makanan sudah kedaluarsa atau karena penyimapanan yang kadang tidak konsisten, terkadang dalam freezer dan kadang dibiarkan dalam ruangan terbuka.

Perhatikan Wadahnya

Berhati-hati dalam memilih makanan. Lihat melalui kemasannya, apabila wadah sudah sobek, berlubang, mengalami pengerutan, sebaiknya urungkan niat untuk membeli makanan dengan tipe wadah seperti ini. Pilih yang antara bumbu dan tekwan memilih wadah anti tumpah, atau setidaknya kuat dan tidak mudah tumpah.

Mencari makanan siap olah seperti tekwan ini sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga yang murah saja, tapi pastikan bahwa Anda memilih penjual atau distributor yang amanah dan berpengalaman. Dengan membeli tekwan kering di penjual yang sudah profesional, dijamin makanan akan aman untuk dinikmati.

Kami adalah Adzamibogatama yang khusus menjual tekwan kering dan selalu menjaga kualitas produk sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membeli langsung melalui kami. Selain itu, kami menawarkan harga yang ramah di kantong dengan rasa asli Palembang! Penasaran? Silakan coba pesan langsung melalui Adzamibogatama.co.id. Kami tunggu!

Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha kebab frozen dan tekwan kemasan, silahkan hubungi kami.


Adzami Bogatama
Alamat: Jl. Bojong Molek XIII C17, No.6, RT.010/RW.014, Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17116
Whatsapp: 0811-166-371

Tekwan Hj. Nur
Dinkes PIRT No. 2023275040358-24
Halal MUI No. 01201180981016
* Bahan Baku Berkualitas.
* Tanpa Bahan Pengawet dan Msg.
* Tanpa Pemutih
* Tanpa Pengenyal
* Praktis, dijamin enak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Mau order? Chat via Whatsapp